Kamis, 04 Maret 2010

artikel dan khotbah Harun Dethan, MA. Populer

Judul : Berjalan Bersama Yesus sampai akhir hidup. Didasarkan pada Yohanes 14:6 Oleh Pst. Harun I. Dethan, MSc.,MA. 15 mei '09 Pada PDO Bukit Sion Jl Kelapa Muda Jakarta Utara. •

14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. • 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. • 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. • 14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." • 14:5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" • 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Nats firman Tuhan yang baru saja kita baca dilatarbelakangi oleh pengucapan yang tegas sekaligus sebagai penyemangatan kepada pengikut Tuhan. Bahwa hidup ini tidak boleh dikuasai oleh kegelisahan, mengapa? Karena hanya orang yang hidup tanpa Yesuslah yang patut gelisah. Sebaliknya kita yang berjalan bersama yesus memiliki keyakinan sebagaimana Tuhan Yesus mengatakan "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yakinlah berjalan bersama Yesus ada jaminan yakni kita akan beroleh Kepastian, kebenaran dan kehidupan. Mengapa kita harus berjalan bersama Yesus sampai akhir? Jika kita membaca Yohanes 14:6 dengan cermat dan kita hubungkan dengan nats firman Tuhan Yang lain yang ada dalam Alkitab kita maka kita akan menemukan 5 jawaban pokok.

1. Supaya kita beroleh Mahkota Keabadian (I Korintus 9: 24-27)

2. Supaya kita beroleh Mahkota Kemegahan (I Tesalonika 2:19)

3. Supaya kita beroleh Mahkota Kebenaran (II Timotius 4:8)

4. Supaya kita beroleh Mahkota Kemuliaan (I Petrus 5:4)

5. Supaya kita beroleh Mahkota Kehidupan (Yakobus 1:12

Tujuan khotbah ini adalah agar kita memahami bahwa berjalan bersama Yesus sampai akhir hidup sebagai keharusan. Dan sekaligus kita disemangati untuk tekun dan tabah. Mengapa kita harus berjalan bersama Yesus sampai akhir hidup? 1. Supaya kita beroleh Mahkota Keabadian (The crown incorruptible : I Korintus 9: 24-27) 9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! 9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. 9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. Mahkota ini diberikan kepada setiap orang giat untuk mencapai hasil yang maksimal, seperti Pelari dan Petinju. Berlari menurut peraturan dan sprotif Bertinju menurut peraturan dan sprotif Mengapa kita harus berjalan bersama Yesus sampai akhir hidup? 2. Supaya kita beroleh Mahkota Kemegahan (The crown of rejoicing : I Tesalonika 2:19) 2:19 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu? 2:20 Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami. Mengapa kita harus berjalan bersama Yesus sampai akhir hidup? 3. Supaya kita beroleh Mahkota Kebenaran (The crown of righteonsness : II Timotius 4:8) 4:6 Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat. 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya. Mengapa kita harus berjalan bersama Yesus sampai akhir hidup? 4. Supaya kita beroleh Mahkota Kemuliaan (The crown of glory : I Petrus 5:4) 5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu. Mengapa kita harus berjalan bersama Yesus sampai akhir hidup? 5. Supaya kita beroleh Mahkota Kehidupan (The crown of life : Yakobus 1:12 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun. 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar